WhatsApp

082115213473

: admin@bion.co.id 082115213473 Jl. Cikondang - Cineam Tasikmalaya
HOSTINGS
SHARE :

Tidak Ada Ciptaan Allah SWT yang Sia-sia, Termasuk Penciptaan Semut Rangrang

18
01/2021
Kategori : Agribisnis / Islam
Komentar : 0 komentar
Author : bionmedia


Tidak Ada Ciptaan Allah SWT yang Sia-sia, Termasuk Penciptaan Semut Rangrang

Sahabat Bion, Tidak Ada Ciptaan Allah SWT yang Sia-sia, Termasuk Penciptaan Semut Rangrang. Itulah yang pertama terbersit saat mulai menulis artikel ini.

Hobby baru dan sekaligus bisnis baru admin, yaitu mencoba membudidayakan semut rangrang penghasil kroto. Banyak yang membahas tentang keuntungan budidaya semut rangrang ini, tapi sedikit yang membahas tentang manfaa lain sekalian peluang bisnis yang menjanjikan.

Admin yakin, Allah SWT, menciptakan semut rangrang ada hikmah dan manfaat lain di dalamnya seperti halnya apa yang di firmankan Allah SWT di dalama Al Quran Surat Ali Imran ayat 191:

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”

Dikuti dari www.brilio.net ternyata banyak sekali manfaatnya. Banyak orang yang merasa kesal jika bertemu dengan semut rangrang. Semut merah yang ukurannya lebih besar dibandingkan semut lainnya ini mempunya gigitan yang lebih tajam dibanding semut hitam, sehingga menimbulkan rasa gatal hingga muncul bentol merah pada kulit.

Namun siapa sangka, semut ini mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita lho. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga membantu memecahkan masalah dalam berbagai segi kehidupan manusia.

Jika kamu sudah tahu manfaatnya, kamu pasti langsung ingin berbisnis semut rangrang! Memangnya apa saja sih manfaatnya? Yuk kenali manfaatnya berikut ini sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/3).

1. Bio-kontrol tanaman buah.

Semut rangrang biasanya dibiarkan liar di kebun. Bukan tanpa tujuan, ternyata semut rangrang ini bermanfaat bagi ekosistem kebun, terutama kebun buah. Semut rangrang ini berfungsi untuk membasmi ulat penggangu dan serangga hama. Jumlahnya yang banyak memang dapat meresahkan jika kita berada di sekitarnya, namun justru dengan jumlah yang banyak inilah dapat menjaga kesehatan tanaman.

2. Mengurangi tingkat polusi udara.

Semut rangrang berkembang biak sangat cepat dengan cara bertelur. Namun siapa sangka, berbagai penelitian menunjukkan bahwa telur semut rangrang bisa mengurangi tingkat polusi udara.

3. Umpan memancing.

Di berbagai pelosok Indonesia, masih ditemui fungsi unik dari semut rangrang dan semutnya. Salah satunya di Kalimantan Barat. Semut rangrang yang bermarkas di satu pohon besar biasanya dibiarkan hingga beranak pinak untuk nantinya diambil sebagai bahan umpan memancing. Cara mengambilnya hanya dengan menumpahkan getah karet di sarangnya, didiamkan beberapa saat hingga semuanya mati, dan diambil sesuka hati ketika hendak memancing.

4. Pakan burung.

Semut rangrang dipercaya sebagai penjernih kicauan burung. Para pecinta burung, pasti terbantu dengan pakan yang satu ini.

5. Konsumsi.

Di berbagai pelosok Indonesia, masih dijumpai hidangan berbahan dasar semut rangrang. Biasanya dicampur adonan tepung dan dijadikan keripik gurih.

Itulah sebagian bukti kebenaran firmankan Allah SWT di dalama Al Quran Surat Ali Imran ayat 191 di atas. Dan mungkin masih banyak lagi manfaat lainnya yang belum diketahui oleh manusia.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar